Berpikir Positif Saat Sedang Tidak Semangat

thumbnail

Ada yang mengatakan kalau kita harus senang dan semangat setiap saat. Dalam kehidupan juga sering kita merapa capek dan bete, itu merupakan hal yang wajar. Yang terpenting adalah jangan terlalu lama kita berputar-putar pada perasaan negatif tersebut. Kamu bisa temukan caramu untuk keluar dari perasaanmu, simak lebih lanjut :

Berpikir Positif
Berpikir Positif

1. Terima Kenyataan

Merasa down merupakan hal yang wajar bagi setiap orang atau setiap manusia. Terimalah perasaanmu tersebut dan kamu juga harus bisa melampiaskannya secara positif. Seperti tulis dalam selembar kertas, jangan dipendam dalam hati saja. Kenapa dikertas? Kalau kamu menulis status pada sosial media maka akan ada orang yang tidak suka dan dapat berbahaya bagimu juga. Jadi pikirkan baik-baik jika menulis di sosial media.

2. Cari Suasana Baru

Kalau kita merasa tidak bisa melangkah ke depan dan merasa stuck dalam waktu yang lama maka pekerjaan kita akan tidak produktif meskipun dipaksa sekalipun. Lakukan istirahat, hobi yang kamu suka, atau bisa juga menjauh sejenak dari hal yang membuatmu jenuh tersebut. Hal ini dapat mengisi ulang energi mu dan me-reset kembali mood yang ada dalam dirimu.

3. Badai Pasti Berlalu

Masalahmu tidak akan terjadi terus menerus. Perlu kita ingat kesulitan yang pernah kita lalui sebelumnya. Jangan membandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Hal ini karena setiap orang memiliki masalahnya masing-masing. Bisa jadi orang lain memiliki masalah yang lebih berat dibanding kamu. Pikirkanlah semua orang juga berjuang demi dirinya dan keluarga mereka masing-masing.

4. Bantu Orang Lain

Coba untuk membantu orang lain sebisa mungkin. Jangan hanya berputar-putar pada masalahmu saja. Siapa tau kamu bisa memetik pelajaran dari orang yang kamu bantu. Terkadang hal tersebut dapat memberimu pencerahan atau inspirasi juga. Selain itu menjalin hubungan dengan orang baru.

5. Kamu Tidak Sendiri

Selain membantu orang lain, perlu diingat juga kamu memiliki orang-orang yang setia mendukung kamu. Kamu tidaklah sendirian, adanya keluarga, teman dekat, dan pacar atau suami/istri. Bersyukurlah dengan adanya kehadiran mereka. Usahakan memiliki waktu luang untuk mereka, seperti berkumpul untuk bercerita, menulis surat/sms/email, menelpon atau bahkan video call.

6. Temukan Makna

Pikirkan makna lebih dalam dibalik kesulitan yang kamu hadapi saat ini. Dibawa seru aja. Percayalah segalanya akan membuatmu lebih baik. Kamu akan semakin kuat dalam menghadapi masalah yang sama.

Setiap masalah yang kamu hadapi selalu memiliki pelajaran dibaliknya. Tapi kita sering tidak sadar dan terbawa suasana yang sedang kita hadapi. Dari hal tersebut kamu bisa memiliki motivasi yang kuat dalam mencapai targetmu kedepannya.

Credit for image: unsplash-logoMax Apanasenko
Back To Top