5 Hal Positif Yang Didapat Saat Membaca Buku

thumbnail

Menurunnya minta membaca buku di Indonesia disebabkan banyaknya sosial media menjadi media baca yang lebih modern. Meski begitu, membaca lewat aplikasi tentunya memiliki rasa yang berbeda saat membaca langsung menggunakan buku. Orang-orang memiliki alasannya masing-masing mengapa malas untuk membaca buku. Salah satu alasannya adalah terlalu sibuk dengan smartphone atau pekerjaan masing-masing. 

Rasa malas ini sebaiknya dihilangkan agar hidup kita lebih sehat. Membaca buku memiliki beberapa manfaat yang luar biasa sehingga kita dapat hidup lebih sehat.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita perlu banya membaca, antara lain:

Membantu mengurangi stress

Tingkat stress seseorang dapat berkurang saat membaca. Saat anda memiliki banyak beban, coba untuk meluangkan waktu untuk membaca buku yang anda suka sehingga otak menjadi lebih rileks.

Mampu memahami orang lain

Dengan membaca, kita dilatih untuk memahami sesuatu sebelum memutuskan untuk bertindak. Biasanya orang bisa bicara apa saja, tapi tidak banyak yang mau mendengar dan memahami apa yang dibicarakan orang lain. Dengan sering membaca kemampuan kita dalam memahami sesuatu akan semakin terasah.

Mampu menganalisa dengan baik

Orang yang suka membaca buku cenderung memiliki pemahaman analisa yang baik. Pada saat membaca, mereka tidak hanya membaca tetapi belajar menganalisa juga. Hal ini yang tanpa sadar berdampak pada kehidupan dan pengambilan keputusan.

Menambah kosa kata, wawasan, dan pengetahuan

Jika kita tidak banyak membaca, maka kita akan ketinggalan dengan apa yang sedang populer di masa sekarang ini dan yang akan datang. Jika ingin menambah wawasan, maka seringlah membaca. Dengan begitu kita akan tahu apa saya yang terjadi di dunia.

Meningkatkan kualitas menulis

Seorang penulis selain memiliki kosa kata, wawasan, dan pengetahuan harus memiliki kualitas tulisan yang bagus. Oleh karena itu, seorang penulis harus banyak membaca. Sebagai penulis tidak mau jika kata-kata yang dipakai banyak yang berulang. Hal ini mengakibatkan tulisan yang dibaca oleh orang lain akan membosakan.

Back To Top