Pengantar Dasar Pemrograman MATLAB

MATLAB (singkatan dari Matrix Laboratory) merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh Math Works Inc. Hingga tahun 2020 ini, MATLAB telah berdiri selama 36 tahun sejak tahun 1984 atau pertama kali keluar. MATLAB didukung oleh sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux. MATLAB dibuat menggunakan bahasa pemrograman C/C++ dan Java. Sedangkan, aplikasi yang dibuat menggunakan MATLAB sendiri dibangun dengan bahasa pemrograman MATLAB. (Sumber: Wikipedia).

MATLAB mengintegrasikan komputasi matematik, visualisasi, dan bahasa pemrograman untuk memberikan lingkungan fleksibel bagi komputasi teknis sehingga memudahkan pengguna dalam membuat suatu algoritma, eksplorasi data, dan menciptakan beberapa perangkat grafik atau GUI.

Perangkat lunak ini digunakan secara luas dalam bidang sains dan rekayasa. MATLAB menawarkan solusi untuk permasalahan matematik dan viusal. Pada umumnya, MATLAB digunakan untuk :

  1. Analisis data dan pemrosesan sinyal
  2. Visualisasi dan rekayasa grafik
  3. Membuat pemodelan, simulasi, dan prototipe
  4. Pengembangan atau membuat algoritma
  5. Komputasi numerik dan simbolik menggunakan fungsi-fungsi yang terdapat dalam pustaka Symbolic Math

Pada postingan mengenai MATLAB selanjutnya, kita akan membahas bagaimana menciptakan, mengedit, menyimpan, menjalankan, dan men-debug M-file atau MATLAB file.

Avatar
Temukan kode-kode Java, Kotlin, Python dan bahasa pemrograman lainnya hanya di www.inpows.com. Kontak: editor@inpows.com
Back To Top